Tuesday, March 20, 2012

Nissan Ingin Buat Mobil Murah di Indonesia



oto.detik.com - Nissan akhirnya secara resmi mengajukan minatnya menggarap mobil murah di Indonesia. Niat itu disampaikan CEO Nissan Motor Co Carlos Ghosn kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Mereka tertarik ikutan program Low Cost Green Car (LCGC). Maka dia kudu ikutan aturan di sini, program lokal 80 persen kerja sama dengan industri lokal dan ekspor minimal 20% produksi serta irit BBM," ujar Menperin MS Hidayat usai pertemuan antara Ghosn dan SBY di Istana Presiden, Senin (19/3/2012).

Nissan lanjut Hidayat memiliki pangsa pasar dan produk mobil murah tersebut. "Dia tunggu regulasinya yang 2 pekan lalu disiapkan tax insentif dan tax loan untuk program low cost green car. Presiden welcome dan begitu programnya resmi, langsung dijalankan," ujarnya.

Program pengembangan mobil LCGC ini akan berlaku untuk semua industri di dalam negeri dengan syarat mobil tersebut memenuhi kriteria yang telah ditetapkan antara lain untuk jenis kendaraan MPV 1.000-1.200 cc dengan konsumsi bahan bakar 20-22 km/liter, komponen lokal diharapkan pada tahun ke-6 sudah mencapai 80 persen termasuk pembuatan power train (engine, transmisi dan axle). Selengkapnya...

1 comment: