Monday, March 26, 2012

Toyota Memproduksi IQ GRMN





KompasOtomotif - Toyota secara resmi mengumumkan akan memproduksi iQ GRMN (Gazoo Racing tuned by Meister Nurburgring) terbatas hanya 100 unit, seperti dilansir inautonews, kemarin (26/3/2012). Mobil mungil ini diperkenalkan ke publik pertama kali pada Tokyo Auto Salon 2012 lalu.

Tenaga menjadi daya tarik terbesar yang ditawarkan iQ GRMN. Mobil seberat 860 kg ini bakal menerima daya 128 PS dengan torsi 180 Nm (standar 98 PS, 123 Nm). Tenaga tersebut berasal dari mesin 1NR-FE, 4 silinder segaris, 1.3-liter yang dilengkapi supercharger. Pemindah tenaga memakai sistem manual 6 percepatan dengan rasio gigi rapat.

Untuk memberikan daya cengkram yang optimal, bodi mobil ikut dimodifkasi menggunakan komponen aerokits, di antaranya bemper depan- belakang, bodi kit, fender depan belakang yang lebih gembung, pembelah angin dan spoiler atas. Sistem suspensi menggunakan karakter balap dan memberikan efek mobil lebih ceper 30 cm.

Selain itu, stabilitas juga ditunjang oleh karet bundar berukuran 195/55 R16. Perangkat pengurang laju juga ikut ditingkatkan salah satunya dengan mengubah sistem rem belakang dari tromol menjadi cakram.

Nuansa sporty juga menghias ruang kokpit yang disesaki komponen gaya balap. Seperti jok, lingkar kemudi dan tuas persnelling yang dibalut bahan kulit, pedal aluminium dan panel spidometer yang bisa menunjukkan angka hingga 200 kpj.

Belum ada informasi banderol harga iQ GRMN hingga saat ini. Namun ada beberapa media mengeluarkan taksiran sekitar 1,98 juta yen sebelum pajak atau sekitar Rp 237,6 juta

No comments:

Post a Comment